Kontak kami : +62 541 662088

                  

Profil BPKAD Kukar
Info BPKAD Kukar
Pertahankan WTP Melalui Pengelolaan Keuangan yang Baik

PERTAHANKAN WTP MELALUI PENGELOLAAN KEUANGAN YANG BAIK

 Info BPKAD Kukar   01 April 2014   Tim IT BPKAD Kabupaten Kutai Kartanegara

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Senin (24/3) membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kukar dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kukar 2015, di ruang Martadipura Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, Tenggarong.

Dengan menghadirkan nara-sumber dari perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Na-sional (Bappenas) Afwandi dan Bappeda Kaltim, Siti Sugiyanti, serta dan Kepala Bappeda Kukar, Totok Heru Subroto yang dimod-eratori Sekkab Kukar, Edi Damansyah.  Acara yang berlangsung hingga sore itu, ditandai dengan penandatanganan hasil kesepakatan Musrenbang antara Bupati Rita, Sekkab Edi Damansyah, Asisten II Bahteransyah, dan Kepala Bappeda Totok Heru Subroto serta penandatanganan Nota Kesepakatan tentang Pemanfaatan Education Recources Planning Information System (ERPIS) antara Bappeda dan Disdik.

Bupati Rita, mengatakan fokus pencapaian 2015 menjadi sangat fundamental dalam upaya memaksimalkan pencapaian target tahun terakhir, pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2010-2015, karena itu arah kebijakan pembangunan 2015 adalah mempertahankan pencapaian laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) melalui pelaksanaan penatausahaan pengelolaan keuangan daerah. “Mempertahankan WTP itu bukanlah target bagaimanan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat menerapkan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), sehingga seluruh pelaksanaan tugas pokok dan fungsi seluruh regulasi dan target yang telah ditetapkan, baik dalam SOP, SPM dan dokumen perencanaan serta sesuai dengan regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Pengelolaan Barang Milik Daerah dan sesuai dengan regulasi Pengadaan Barang dan Jasa.

Selama pendampingan baik oleh Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) maupun Inspektorat serta dari hasil rekomendasi dari audit BPKP ditemukan kekeliruan yang dari tahun ke tahun masih terulang. Dari tidak sinkronnya neraca keuangan dan neraca asset SKPD, dimana masih terdapat kekeliruan dalam penempatan kode rekening juga masih terdapat ketidak jelasan perhitungan stok barang persediaan baik setiap bulan maupun akhir tahun serta ketidak jelasan bukti kepemilikaan barang dan masih adanya barang yang datanya masuk didalam Buku Inventaris namun keberadaan barang sulit untuk dideteksi. (rahman/hmp05)

Sumber : Koran Kaltim

LINK SITUS TERKAIT
LINK BPKAD KUKAR
    
PUSAT INFORMASI

BPKAD Kabupaten Kutai Kartanegara

Kantor BPKAD 
Kabupaten Kutai Kartanegara
Jl. Wolter Mongonsidi No. 1 
Tenggarong

Website : 
http://bpkad.kutaikartanegarakab.go.id
E-Mail Admin : 
bpkad@kutaikartanegarakab.go.id

Telepon : +62 541 662088
Fax : +62 541 661690